Inilah Cara Mengantikan Penghasilan Anda Apabila Anda Terkena Resiko


Siklus Kehidupan Finansial merupakan salah satu konsep yang menjadi bagian dari perencanaan keuangan. Siklus tersebut menggambarkan bahwa pada setiap tahapan kehidupan seseorang akan membutuhkan ‘strategi’ keuangan tertentu. Dengan memahami siklus tersebut, kita akan menyadari betapa pentingnya sebuah perencanaan keuangan dan pengelolaan kekayaan dalam kehidupan kita.

Jika ditelaah secara umum, siklus kehidupan finansial seseorang mengikuti pola yang hampir serupa. Siklus tersebut dimulai dari masa 
  • anak-anak dan dewasa, 
  • masa lajang, 
  • masa menikah/berumah tangga dan memiliki anak, 
  • mapan berkarir, sampai dengan 
  • masa persiapan pensiun. 
Jika anda bertahan hidup hingga usia 80 thn berarti anda hidup selama 28 ribu hari siklus kehidupan keuangan yang akan anda lalui  jika digambarkan akan seperti dibawah ini



terdapat kemiripan antara bagian pertama 1 dan ke 4, anda tidak memiliki penghasilan, berarti anda hanya memiliki waktu produktif hanya sebanyak 14 ribu hari atau 40 thn saja. yang menjadi menarik berapa usia anda sekarang???


Apabila usia anda 30 tahun berarti, anda hanya memiliki usia produktif selama 30tn lagi. Dan jangan lupa anda bekerja selama 30thn untuk membiayai kebutuhan anda hingga usia 80thn, yang menjadi masalah kebanyakan orang yang bekerja di usia produktif ternyata hasilnya kerjanya tidak cukup untuk digunakan sampai usia pensiun atau sampai usia 80thn.


setelah melihat lingkaran atau siklus keuangan diatas memiliki uang sangatlah penting, sekarang kita
lihat mayoritas orang mengunkan keuangannya disetiap tahap kehidupan.


1. Diusia 0 -20 Thn kegiatan yang dilakukan adalah bermain, dan belajar dan menempuh pendidikan, dan biasanya income diperoleh dari pemberian orang tua.


2. Diusia 20 - 40 Thn bisanya seseorang mulai bekerja, menikah, memiliki tempat tinggal, kendaraan pertama, mulai memiliki anak dan membentuk keluarga dan pengeluran terbesar adalah biaya pendidikan anak - anak.


3.Diusia 40-60 Thn biasa nya seseorang mulai memiliki penghasilan dan jababtan yang cukup baik, dan banyak waktu yang bisa dihabiskan bersama keluarga. Anak - anak mulai beranjak dewasa, dan lagi - lagi pengeluaran terbesar adalah pendidikan, diusia ini seseorang harus memikirkan dana pensiun. Hasil kerjanya harus cukup sampai usia 80 Thn.  dan diusia 60 - 80 thn anda akan berhenti bekerja dan pensiun, Dari sini sudah sangat jelas bahwa income anda sangat penting.


Pertanyaan bagamana jika income atau penghasilan anda berhenti??, tentunya semua kebutuhan anda tidak dapat terpenuhi. kesimpulanya adalah...

Income anda digunakan untuk memenuhi biaya hidup, membayar hutang, tabungan, dana pndidikan dan lain - lain,  bila income anda berhenti.. tentuna anda tidak dapat memenuhi kebutuhan kebutuhan anda.

Apa yang anda lakukan bila terjadi hal seperti gambar diatas, berarti anda membutuhkan Passive income atau income pengganti.


5 Hal yang dapat menyebabkan income Stop
1.PHK atau Bisnis bangkrut
Solusinya : masih dapat mencari pekerjaan baru atau bisnis lain, atau menggunakan dana darurat..

2. Pensiun.
Solusinya : tahu kapan terjadinya, masih bisa menyiapkan nya.

3.Meningaal                                                                        
4.Sakit Keritis (kanker, Stroke, Dll                                     
5.Kelumpuhan ( baik karena kecelakaan atau sakit berat) 

Poin 3 sampai 5 tidak dapat diperediksi kapan terjadinya, meninggal saudah pasti, sakit kritis dan kelumpuhan tidak tau kapan terjadinya... apabila hal tersebut terjadi, anda membutuhkan passive income untuk menggantikan penghasilan anda. 


Jika anda memiliki income 5 jt perbulan berarti 60jt/thn. income anda harus ada setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan anda, tetapi bagaimana bila resiko terjadi, otomastis income anda terhenti. 

 Misalkan hasil investasi deposito 6% per tahun, kira- kira uang berapa yang apabila dikalihkan 6% dapat menghasilkan 60jt per tahun.

yap Tentu saja 1 M, selanjutnya uang 1M ini akan diinvestasikan dalam bentuk deposito, uang 1M ini akan menghasilkan 60jt per tahun atau 5 jt perbulan. ini adalah passive income yang akan anda gunakan, untuk memenuhi kebutuhan anda dan keluarga.


Yang jadi masalahnya bagaimana anda dapat megumpulakan uang sebesar 1M dalam waktu singkat,
bahkan kondisi anda sedang terjadi resiko.Agar uang 1M tersebut dapat didepositokan sehingga menghasilkan pasive income bagi anda.

Jika anda menabung biasa, sebesar 1 jt perbulan, anda memerlukan waktu selama 83 thn untuk mendaptkan uang sebesar 1M.

Padahal jika resiko terjadi income anda berhenti, seketika. 

SOLUSINYA adalah, cukup memiliki suransi jiwa, dan asuransi penyakit kritis, Apabila resiko tersebut datang anda Dipastikan Akan memiliki Uang sebesar 1M. 



Penulis : Nasrudin
IG        : @nnasrudin70
WEB   : www.nazrudin.com
WA      : 0857-8108-3314

0 Komentar