Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Menyiapkan Dana Pensiun


Berdasarkan data harapan hidup diIndonesia 2010-2015 dari Badan Pusat Statistik (BPS) adalah 70 tahun. Jika masih pensiun pada usia 55 tahun, anda masih memiliki kesempatan hidup 15 tahun lagi. Anda pernah membayangkan jika anda pesiun tidak memiliki uang yang cukup.

Yang paling sering terjadi kebutuhan dana pensiun baru disadari  menjeang pensiun. Jika anda masih muda, biasanya dana pensiun bukan  prioritas utama karena anda menganggapnya masih lama.

Tidak menyiapkannya sejak usia muda.
Semua orang pasti sering berfikir persiapan dana pensiun lebih baik dilakukan saat mendekati usia pensiun. Tujuan keuangan lain lebih menjadi prioritas, padahal  mungkin lebih banyak kebutuhan konsuntif ketimbang kebutuhan produktif. Hal tersebut dikarenakan anak muda tidak sadar betapa besarnya kebutuhan pensiun.

Disaat usia semakintua justru, anda semakin sulit untuk menyisihkan anggaran untuk pensiun. Meskipun penghasian anda terus meningkat.

Baca Cara Menghitung Dana Pensiun

Tidak menghitung kebutuhan dana pensiun secara benar
Anda pernah menghitung kebutuhan pensiun anda umumnya perhitungan harus dilakukan secara matang dan benar Anda harus memperhatikan harapan hidup,asumsi inflasi,kebutuhan untuk kesehatan ( asuransi kesehatan, jiwa, dan penyakit kritis ), dana Darurat.

Baca 5 Ha Yang Harus Disipkan Sebelum Pensiun

Terlena dengan uang pensiun.
Fenomena ini paling sering terjadi dilingkungan PNS yang pasti mendapat uang pensiunnya, dan mereka merasa aman karena mendapatkan uang pensiun secara bulanan. Padahal uang pensiun biasnya hanya sepertiga dari gaji pokok. Belum lagi jika take home pay yang biasa didapatkan
ternyata lebih besar tunjangannya dibanding gaji pokoknya. Maka uang pensiun yang didapat akan sangat kecil dibanding biaya hidup semasa bekerja.

Baca Cara Menghitung Dana Pensiun

Beda lagi dengan karyawan swasta biasnya uang pensiun langsung dibayar dimuka, sehingga mereka bisanya terlena, padahal kebutuhan dana pensiun lebih besar dari uang pensiun yang diperoleh. dan parahnya lagi uang pensiun yang baru diperoleh dapat langsung habis untuk membayar hutang semasa bekerja.

Oleh karna itu anda harus segera meyiapapkan dana pensiun muai saat ini, jangan menunda teralu lama. Karena penundaan akan mendatangkan penyesalan.

Penulis : Nasrudin
IG        : @nnasrudin70
WEB   : www.nazrudin.com
WA      : 0857-8108-3314




0 Komentar