CARA MENGHITUNG DANA PENSIUN



Masa pensiun sudah seharusnya kita nikmati dan mengisinya dengan melakukan hobi dan hal-hal yang saat bekerja sangat sulit kita jalani karena keterbatasan waktu. Perencanaan keuangan yang tepat akan membantu kita mewujudkan masa pensiun yang ideal.

Mungkin banyak orang yang berfikir pada saat masa pensiun, pengeluran mengecil karena tidak lagi menanggung dana pendidikan dan cicilan rumah, tetapi pada saat pesiun orang lupa biaya kesehatan yang semakin mahal, karena diusia pensiun di usia yang tidak lagi muda, kita mudah terserang penyakit, mungkin banyak orang akan mulai berfikir untuk membeli asuransi kesehata. Tapi mereka lupa asuransi kesehatan akan bertambah mahal seiring dengan pertambahan usia seseorang.
Jadi apabila anda berencana untuk mulai menyipkan dana pensiun jangan lupa ada harus menyiapkan asuransi keshatan dan jiwa. agar kelak dana yang anda siapkan tidak akan terganggu apa bila anda diserang penyakit.

berikut contoh perhitungan dana pesiun yang anda bisa aplikasikan untuk diri anda sendiri.

Apabila anda saat ini berusia 30 thn dan memiliki pendapatan Rp 10 jt per bulan. maka diusia  55 thn dengan invlasi 10% per tahun, maka uang anda setara dengan 108jt per bulan.
Dengan Perhitungan :
n :55-30 th = 25 th (menjelang pensiun)

FV = PV (1 +i)n

pv (nilai saat ini ) : 10 jt
i  (invlasi )            : 10%
n (waktu)              : 25 thn

FV = 10 (1 + 0,1)25
      = 10 (1,1)25
      =  Rp 108.347.059,43 ( uang anda mengalami inflasi 10 persen selama 25 thn)
          Rp 108.347.059,43 x 12 bulan = 1,3 M (1.300.164.713,13)

sesuai dengan perhitungan diatas berarti anda membutuhkan 1,3 Milyar per tahun. jika anda mempersiapkan dana pensiun hingga usia 75 tahun berarti dana pensiun yang dibutuhkan berjumlah  Rp 26 Milyar ( 1,3 x 20thn)
usia pensiun 55 perkiraan hidup 75thn

75 - 55 = 20 thn

1,3 M x 20 Thn = 26 Milyar.

jadi bagaimana menurut anda ? apakah anda akan menunda persipan dana pesiun,?

Apabila anda berfikir cukup dengan program dana pensiun pemerintah saat ini, sayang sekali dana pesniun yang disiapkan oleh permerintah belum bisa menopang hidup anda pada saat usia pensiun nanti, maka mau tidak mau, anda harus bisa memulai menyiapakan dana pesniun anda saat ini.

pada saat anda memulai menyipkan dana pensiun pilihlah instrumen investasi yang memuliki retun diatas 10%. apabila anda memilih investasi dibawah 10% (contoh deposito bank )  bearti nilai uang anda akan tergerus inflasi.

semain cepat kita memulai menyipkan dana pensiun, maka semakin kecil pula jumalah dana yang harus kita sisihkan. sebaliknya semakin lama kita menunda menyipakan dana pensiun semakin besar dana yang harus kita sisihkan.

jadi mulailah memilih tempat investasi sejak saat ini, pilih lah yang bebas pajak. perlu diingat apabila anda menyipakan dana pesniun di deposito hasil investasi anda dikenakan pajak 20%. beda halnya dengan unit link, anda tidak dikenakan pajak.

mengapa unit link selain anda memyipkan dana pesniun anda juga bisa menyipakan asuransi kesehatan.



Penulis : Nasrudin
IG        : @nnasrudin70
WEB   : www.nazrudin.com
WA      : 0857-8108-3314


1 Komentar