7 Nutrisi Penting Bagi Tubuh


Setiap hari kita bisa beraktifitas baik dalam ruang atau diluar raungan, untuk itu kita harus tetap bertahan tubuh agar selalu cocok setiap hari. Agar tubuh anda sehat dan tidak sehat, kita harus tahu 7 nutrisi penting yang harus dijual setiap hari. Berikut adalah 7 nutrisi penting bagi tubuh.
1.Air
Air sangat penting bagi kelangsungan hidup, bahkan didunia setiap ada udara, berarti ada ada kehidupan. Demikian juga Pentingnya udara bagi tubuh kita 60 persen tubuh kita terdiri dari udara. Tubuh sangat cocok untuk udara, udara untuk membantu memilih air, mengatur suhu, dan elemen penting dari setiap sel. Kandungan udara dalam tubuh akan terus berkurang melalui pencernaan, pernapasan, keringat, dan urin. Jadi penting bagi kita untuk mengisi ulang kadar udara dalam tubuh, baik dengan air minum, atau sayuran dan buah yang mengandung udara seperti timun, semangka, jeruk dan lain-lain.
Saat kekurangan udara, asupan udara kurang ditubuh akan menyebabkan kekentalan darah, mata kering, darah rendah.
2.Karbohidrat
Karbohidrat ibarat bensin untuk kendaraan bermotor, karena karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa, yang merupakan bahan bakar utama bagi tubuh. Kelebihan karbohidrat akan menaikakan berat badan anda, karena karbohidrat yang berlebih akan disimpan dalam bentuk lemak.
Agar tubuh anda tidak kelebihan karbohidrat, ganti karbohidrat berserat rendah dengan kadar gula tinggi ( nasi putih, roti putih, dan kue) menjadi karbohidrat berserat tinggi seperti gandum, oatmeal, sorghum, quinoa, wortel, beet, dan kacang-kacangan yang berserat tinggi dan penuh vitamin mineral.
3.Protein
Protein sangat penting bagi kesehatan, karena fungsinya sebagai perbaikan sel dan pertumbuhan. Tubuh kita memecah protein menjadi asam amino, dan menyusun kembali manjadi protein yang dibutuhkan. Protein dalam tubuh memiki banyak kegunaan.
Anda harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein seperti daging merah, telur, susu, kacang dan kacang - kacangan.

Tetap perlu diingat bahwa kelibihan protein bagi tubuh juga dapat menyebabkan penyakit seperti asam urat, diabetes, tingkat kolesterol tinggi, berat badan naik, dan meningkatnya resiko kanker.
Untuk menghindari penyakit yang diakibatkan kelebihan protein ganti protein hewani menjadi protein nabati seperti, kacang-kacangan (tempe), biji-bijian, sayur hijau gelap.Agar ada asupan protein hewani tetap terpenuhi ganti daging merah menjadi daging putih seperti ayam dan ikan.
4.Lemak
Lemak adalah nutrisi penting bagi tubuh, berfungsi untuk menyerap vitamin A, D, E, dan K, dan melindungi organ. Sumber lemak terbaik adalah alpukat, kacang - kacangan, sayuran hijau, dan buah - buahan.
5.Vitamin
Vitamin membantu tubuh untuk metabolisme dan merawat sel. Tubuh kita sering sekali kekurangan vitamin dikarenakan proses memasak makanan, Seperti vitamin C dan B kompleks sangat rentan terhadap suhu panas sehingga seringkali rusak ketika dimasak dalam suhu panas.
Vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap hari adalah
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Vitamin B
Vitamin A sangat penting untuk kesehatan kulit dan mata, Vitamin C untuk tulang dan struktur otot dan dukungan kekebalan, dan Vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan kesehatan jantung dan saraf. Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang dan kekebalan tubuh. Vitamin banyak ditemukan di kacang - kacangan, bayam, apel, tomat, alpukat, buah bit, lemon dan jeruk.
Kekurangan vitamin menyebabkan penyakit mata, anemia, hipertensi, penyakit ginjal, penuaan dini, kanker, batuk pilek, osteoporosis, sakit ketika haid/menstruasi.
6.Mineral
7 mineral penting bagi tubuh adalah :
Sodium
Besi
Kalium
Kalsium
Magnesium
Seng
Fosfor
    Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang, fungsi otot dan saraf, dan sirkulasi. 99 persen kalsium tubuh ditemukan di tulang dan gigi. Kalsium ditemukan dalam susu, sayuran hijau dan ikan seperti ikan sarden dan salmon. Sodium menjaga saraf dan otot bekerja dengan benar.
Makanan yang banyak mengandung mineral antara lain : jahe, kunyit, wortel, buah bit, kacang - kacangan, sayurah hijau gelap.
7.Serat
Serat berguna mencegah konstipasi, ambeien, penyakit hari dan kanker usus besar.serat membantu untuk menjaga fungsi sistem pencernaan. Perbanyak konsumsi sayuran hijau, seperti bayam, kale, parsley, seledri, dan sayuran hijau lainnya. konsumsi karbohidrat dan protein yang mengandung serat, seperti gandum, oatmeal, sorghum, edamame, dan tempe.
Demikian 7 nutrisi penting bagi tubuh yang perlu kita penuhi setiap hari.
Penulis : nasrudin

0 Komentar