5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Pensiun Dini.

Pensiun Dini


Di usia Produktif pasti waktu kita habis dengan bekerja, sampai ada yang menghabiskan waktu lebih dari 18 jam untuk bekerja. Apakah itu salah, ya tentunya tidak juga, mereka bekerja memiliki tujuan yang pasti ingin dicapai, salah-satunya menyiapkan dana pensiun, berharap di usia pensiun bisa bersenang-senang, Apalagi kalau kita dapat pensiun dini, dengan mudah kita bisa mewujudkan impian kita sejak awal, seperti buka usaha traveling apa saja yang kita suka.

Jika kita memiliki target pensiun dini, perlu beberapa persiapan, yaitu :

1.Pastikan tidak memiliki hutang
Di usia pensiun kita berharap hidup tenang, tidak memiliki cicilan atau hutang di usia pensiun itu wajib. Maka sebelum anda pensiun pastikan hutang atau cicilan anda sudah lunas semua, seperti KPR,  cicilan kendaraan, kartu kredit dan lain - lain.

2.Pastikan memiliki asuransi kesehatan
Saat pensiun pastinya seluruh fasilitas yang diberikan perusahaan tempat anda bekerja sudah tidak dapat anda gunakan. Sebab itu sebelum anda pensiun siapkanlah asuransi kesehatan yang cukup untuk anda. Pilihlah asuransi unit link, karena pada saat pensiun anda tidak perlu memikirkan membayar premi, karena asuransi unit link memiliki pos investasi. Dana yang terkumpul pada pos investasi dapat di gunakan untuk membayar biaya asuransi, perlu anda ketahui asuransi akan tetap aktif apabila biaya asuransi tetap terbayar tanpa perlu membayar premi.

3.Biaya kegiatan setelah pensiun
Rencanakan kegiatan ada dengan matang setelah pensiun, mungkin ada bisa saja bingung karena sudah terbiasa dengan rutinitas bekerja tiba - tiba anda tidak memiliki kegiatan, oleh sebab itu rencanakan kegiatan anda setelah pensiun. Misalnya traveling keliling indonesia, menjadi relawan dan sebagainya. Dengan mengetahui kegiatan yang akan dilakukan,  kita wajib menabung untuk biaya yang dibutuhkan.

4.Dana darurat
Dana darurat itu sangat penting dimiliki seseorang, baik sebelum pensiun atau sudah pensiun. Dana darurat yang harus anda miliki harus lebih banyak ketika anda masih bekerja, minimal 12 kali (apabila memiliki tanggungan 2 anak) dari kebutuhan bulanan. Dana darurat dapat di siapkan sejak anda aktif bekerja.

5.Memiliki investasi
Selain dana pensiun yang memang harus anda siapkan sejak anda bekerja, maka sebaiknya anda mulai memiliki investasi baik berupa saham, reksadana, atau properti. Misalnya apabila anda memiliki ruko, rumah kontrakan atau apartemen, anda dapat menyewakannya sehingga memberikan tambahan pemasukan anda.

Penulis : Nasrudin
IG        : @nnasrudin70
WEB   : www.nazrudin.com
WA      : 0857-8108-3314




0 Komentar