Delapan Cara Jitu Mengatur Keuangan Pribadi

Belajar dan memulai mengatur keuangan bukan dimulai saat kamu sudah mulai berkeluarga tetapi justru ketika kamu masih sendiri, kamu harus sudah mulai memiliki cara mengatur keuangan pribadi. Pengaturan keuangan yang mapan pada saat kamu masih sendiri akan memiliki imbas yang besar dan memiliki nilai positif ketika kamu sudah mulai berkeluarga, dan dapat memberikan  pandangan yang logis terkait keputusan yang kamu finansial yang kamu ambil.

Berikut 10 cara mengatur keuangan yang perlu di praktek kan dalam kehidupan sehari - hari :

1. Catat Arus Kas.

Kamu hanya butuh mencatat tiap pendapatan dan pengeluaran, agar kamu mengetahui apa saja yang sudah kamu beli dan konsumsi dari hasil pendapatan yang kamu terima. Sehingga kemungkinan bocor - bocor kecil dapat ditanggulangi.

2. Bagi dalam Pos - pos anggaran. 

Saatnya sekarang membuat anggaran - anggaran sederhana terkait bagimana cara mengatur pendapatan yang kamu terima setiap bulannya, agar pendapatan yang diterima cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu.

3 Pisahkan Rekening

Cara yang satu ini cukup efektif untuk memisahkan antara tiap pos anggaran yang telah kamu buat sebelumnya. Dengan pemisahan rekening  kamu juga bisa membatasi besaran nilai yang dapat digunakan dan mana yang tidak boleh diotak - atik.

4. Menabung Di Awal

Jangan pernah berharap memiliki tabungan jika menabung dari uang sia sia pengeluaran, sebaiknya menabung diawal  bulan saat pendapatan baru kamu terima. Potong segera 10% atau sesuai dengan kemampuan kamu.

5. Membayar Hutang

Bayarlah hutang mu saat tanggal jatuh tempo, jangan sampai menunggak. Jika menunggak beban hutang yang dibayar bisa lebih besar karena denda yang dijatuhkan. Membayar hutang tepat waktu adalah kuncinya.

6. Proteksi dengan Asuransi

Semua orang tidak selamanya bisa dalam kondisi sehat, akan ada masanya kamu jatuh sakit dan memerlukan pengobatan. Hati - hati karena biaya pengobatan bisa sangat besar jangan sampai kamu mengunakan tabungan untuk membayar tagihan rumah sakitnya.

7. Mulai Berinvestasi

Sedari muda berinvestasi agar nilai tabungan mu tidak tergerus inflasi ( kenaikan harga barang dan jasa setiap tahun ). Investasi bisa ditunjuk sebagai cara memenuhi berbagai tujuan keuangan kamu.

8. Incar penghasilan tambahan

Carilah penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan yang nilainya diatas pendapatan yang kamu terima saat ini. bahkan penghasilan tambahan dapat membantu mu memperoleh dana segar untuk berinvestasi.

bagaimana menurutkamu cara mengatur keuangan yang tadi sudah dijelaskan. Kuncinya sebenarnya hanya ada dua, membuat anggaran yang realistis sekaligus menjalankan apa yang sudah dikomitmenkan dalam anggaran tersebut.

Nazrudin

wa 085781083314

www.nazrudin.com




 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Komentar