Mengatur Keuangan Versi Keluarga Muslim















Mengelola Pendapatan 

Pendapatan dalam rumah tangga sangatlah penting, karena pendapatan adalah fondasi dasar dalam sebuah rumah tangga. Baik halal, haram atau syubhat anda bebas memilihnya sebagai sumber pendapatan. Sebagus apapun perencanaan keuangan tanpa pendapatan yang halal dan baik, hanya akan sia - sia.

Mengelola Kebutuhan

Perlu diatur kebutuhan yang utama ( Primer ) terlebih dahulu, dari pendapatn yang diterima, bukan keinginan. Artinya mengatur konsumsi terhadap semua keperluan yang mendasar/primer, semua hal yang penting mendukung keberlangsungan hidup kita dan keluarga. Yang menjadi prioritas kebutuhan kita adalah kebutuhan untuk menjaga agama, jiwa, keteurunan, akal. 

Contoh Kebutuhan :

  1. Bayar Hutang
  2. Menunaikan Zakat - sedekah
  3. Konsumsi harian
  4. Pendidikan
  5. Dana Kesehatan ( Asuransi Kesehatan )
  6. Investasi
  7. Dan dana Emergensi
Mengelola Keinginan atau Cita - cita

Keinginan, cita - cita atau dream merupakan hal yang diinginkan untuk melengkapi kehidupan kita guna memberikan kenyamanan bagi kiat dan keluarga. Asal tidak melewati batas isyraf ( berlebih - lebihan ) 

Contoh keinginan: 
  1. Naik haji
  2. sekolah swasta untuk anak
  3. Gadget terbaru
  4. Rumah
  5. Dan mobil mewah
kunci untuk menahan keinginan adalah qona'ah ( "puas dengan yang dimiliki atau menempatkan kekayaan di tanggan kita, bukan dihati kita" ). Impian juga harus segaris dengan kebutuhan dan maqashid syariah.

Mengelola surplus atau defisit

Kondisi rugi atau defisit dalam keuangan keluarga tentu tidak diinginkan, minimal keuangan keuangan keluarga berimbang , sehingga mampu memenuhi semua kewajiban keluarga.

Kenapa dapat terjadi defisit? coba di cek, bisa jadi karena gaya hidup yang ketinggian dari jumlah pendapatan yang diterima.
Kalau terjadi surplus? alhamdulillah, situasi ideal. Tetap tenang dan terus menabung, segera alokasikan untuk tabungan/ investasi, keluarkan dengan hati - hati.

Mengelola ketidakpastian

Kejadian tak terduga dapat terjadi pada siapa saja, akan selalu dialami setiap keluarga, dan seringkali kejadian ini membutuhkan dana yang cukup besar, oleh karena itu penting setiap keluarga mempersiapkan diri dana darurat abnormal dan dana daruat normal.

Dana darurat nomal 
dan darurat yang disiapkan untuk 6 kali tau 12 kali biaya hidup perbulan. semua orang memiliki pebedaan tidak selalu sama, dana darurat normal bisa digunnakan untuk kebutuhan mendesak dan tidak bisa ditunda, sperti perbaikan ruamah yang rusak, kendaraan yang rusak, atau menghadapi kenyataan pemutusan kerja ( PHK )

Dana Darurat Abnormal
Dana daurat yang disiapkan untuk menghadapi kejadian luar biasa yang dapat menghabiskan dana yang cukup besar, seperti sakit kritis, sakit yang harus dirawat dirumah sakit, kecelakaan, atau menghadapi kepastian ( meninggal dunia ).





Jika anda, membutuhkan informasi lebih lanjut, 
Hubungi:
Nasrudin / nazrudin
WA 085781083314
IG : @nazrudin.pru
IG : @nazrudin.id
Wabsite :
www.nazrudin.com ( Asuransi syariah, Asuransi Prudential Syariah, Asuransi Prudential )
Fans page : MARI Berasuransi




0 Komentar