Total Biaya Kebutuhan Les untuk Anak


Hal apa saja yang harus diperhatikan moms untuk memberikan tambahan keterampilan, dan pendidikan untuk anak anda. Les musik, tari,olah raga,hingga les mata pelajaran tertentu adalah jenis tambahan pendidikan yang  moms bisa berikan kepada buah hati, tentunya  karena bentuk dorongan dari orang tua, dengan melihat minat dan bakat yang anak - anak anda. Moms juga harus tahu dan mengerti apa saja yang  harus moms siapkan apabila anak mengikuti les - les tersebut?

1.Biaya Les Bulanan
Semakin bertambahnya usia anak anda, tentunya semakin banyak keinginannya untuk mengikut
berbagai macan kegiatan baik itu les atau ekstrakurikuler. Ngomong - ngomong soal biaya untuk les banyak sekali varian nya, contohnya les tari balet bisa sekitar 450 - 600 ribu per bulan, sementara les olahraga seperti berenang biayanya sekitar 500 ribu per bulan. Ada juga tempat kursus yang mematok biaya keanggotann sehingga anak bebas memilih kelas, seperti pusat aktivitas anak yang mematok biaya awal hingga 3 jt (sekali saja ) dan biaya keanggotaan 1 jt per bulan.

2. Biaya Pendukung
Selain biaya les, tentunya anda harus memperhatikan dan memikirkan fasilitas pendukungnya, kalau ikut les balet anda harus  mengeluarkan biaya pembelian baju balet, sepatu balet dll. Semakin anak anda mahir dalam menari balet anda harus siap, karena anggaran ada akan bertambah untuk membeli fasilitas pendukung.

3. Biaya Transportasi
Untuk moms yang tidak bekerja lagi,  tentunya moms punya banyak waktu dan kesempatan untuk antar jemput anak - anak ketika kesekolah atau pergi les setiap minggunya, tetapi bagi moms yang bekerja tentunya harus menyediakan bajet untuk antar jemput. Kalau pakai sopir plus mobilnya bensin dan parkir, maka ada biaya tambahan selain biaya les.

4. Biaya Kompetisi
Bisanya lembaga kursus juga mengajarkan kepada anak - anak sportivitas dengan mengikut sertakan
anak anak lomba, kegitan lomba akan difasilitasi oleh sekolah atau tempat kursus, tetapi ada beberapa yang biaya pendaftarannya ditanggung para orang tua, selain biaya pendaftaran,orang tua juga harus menganggarkan biaya pendukung kompetisi,seperti sewa atau bikin kostum, atau alat tambahan latihan anak, anggaran ini cukup bervariasi mulai ratusan ribu hingga jutaan.

5.Biaya Jajan
Jangan lupa anda harus menambah biaya untuk jalan anak anak walau disekolah sudah jajan, tetapi anak akan tetap meminta uang jajan dilokasi les.

Hal yang paling penting saat anak anda mendapat pendidikan tambahan diluar sekolah, jangan
mendaftarkan mereka karena social pressure semata. Jangan paksakan anak anak mengikuti les atau kursus yang mereka tidak sukai,selain membuang waktu dan tenaga moms juga menghamburkan uang.

Artikel ini sudah dimuta di Majalah Mother & Baby edisi Agustus 2019

0 Komentar