CARA MENGHITUNG DANA PENSIUN



Masa pensiun sudah seharusnya kita nikmati dan mengisinya dengan melakukan hobi dan hal-hal yang saat bekerja sangat sulit kita jalani karena keterbatasan waktu. Perencanaan keuangan yang tepat akan membantu kita mewujudkan masa pensiun yang ideal.

Mungkin banyak orang yang berfikir pada saat masa pensiun, pengeluaran mengecil karena tidak lagi menanggung dana pendidikan dan cicilan rumah, tetapi pada saat pensiun orang lupa biaya kesehatan yang semakin mahal, karena diusia pensiun di usia yang tidak lagi muda, kita mudah terserang penyakit, mungkin banyak orang akan mulai berfikir untuk membeli asuransi kesehatan. Tapi mereka lupa asuransi kesehatan akan bertambah mahal seiring dengan pertambahan usia seseorang.
Jadi apabila anda berencana untuk mulai menyiapkan dana pensiun jangan lupa ada harus menyiapkan asuransi kesehatan dan jiwa. agar kelak dana yang anda siapkan tidak akan terganggu apa bila anda diserang penyakit.

berikut contoh perhitungan dana pensiun yang anda bisa aplikasikan untuk diri anda sendiri.

Apabila anda saat ini berusia 30 tahun dan memiliki pendapatan Rp 10 jt per bulan. maka diusia  55 thn dengan invlasi 10% per tahun, maka uang anda setara dengan 108 jt per bulan.
Dengan Perhitungan :
n :55-30 th = 25 th (menjelang pensiun)

FV = PV (1 +i)n

pv (nilai saat ini ) : 10 jt
i  (invlasi )            : 10%
n (waktu)              : 25 thn

FV = 10 (1 + 0,1)25
      = 10 (1,1)25
      =  Rp 108.347.059,43 ( uang anda mengalami inflasi 10 persen selama 25 thn)
          Rp 108.347.059,43 x 12 bulan = 1,3 M (1.300.164.713,13)

sesuai dengan perhitungan diatas berarti anda membutuhkan 1,3 Milyar per tahun. jika anda mempersiapkan dana pensiun hingga usia 75 tahun berarti dana pensiun yang dibutuhkan berjumlah  Rp 26 Milyar ( 1,3 x 20thn)
usia pensiun 55 perkiraan hidup 75thn

75 - 55 = 20 thn

1,3 M x 20 Thn = 26 Milyar.

jadi bagaimana menurut anda ? apakah anda akan menunda persiapan dana pensiun,?

Apabila anda berfikir cukup dengan program dana pensiun pemerintah saat ini, sayang sekali dana pensiun yang disiapkan oleh pemerintah belum bisa menopang hidup anda pada saat usia pensiun nanti, maka mau tidak mau, anda harus bisa memulai menyiapkan dana pensiun anda saat ini.

Pada saat anda memulai menyiapkan dana pensiun pilihlah instrumen investasi yang memiliki retrun diatas 10%. apabila anda memilih investasi dibawah 10% (contoh deposito bank )  berarti nilai uang anda akan tergerus inflasi.

semakin cepat kita memulai menyiapkan dana pensiun, maka semakin kecil pula jumlah dana yang harus kita sisihkan. sebaliknya semakin lama kita menunda menyiapkan dana pensiun semakin besar dana yang harus kita sisihkan.

jadi mulailah memilih tempat investasi sejak saat ini, pilih lah yang bebas pajak. perlu diingat apabila anda menyiapkan dana pensiun di deposito hasil investasi anda dikenakan pajak 20%. beda halnya dengan unit link, anda tidak dikenakan pajak.

mengapa unit link selain anda menyiapkan dana pensiun anda juga bisa menyiapkan asuransi kesehatan.

Penulis : Nasrudin
IG        : nazrudin.pru
WEB   : www.nazrudin.com
WA      : 0857-8108-3314






0 Komentar