APA ITU UNIT LINK? INVESTASI UNTUK PARA PEMULA

UNIT LINK

Ada jenis investasi bagi para pemula, yang bisa ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang mengabungkan investasi/tabungan dengan proteksi (perlindungan) baik jiwa, kesehatan, kecelakaan yang dikenal UNIT LINK. ada yang memanadang unit link dengan sangat negatif karena besarnya porsi asuransi yang diambil pada tahun - tahun awal, tetapi sebagai konpensasinya adalah ditahun- tahnun berikutnya konpensasi untuk biaya asuransinya menurun. jadi tergantung dari mana melihatnya.

Jika diawal investasi terjadi resiko yang menimpa investor, maka ahli waris akan memperoleh manfaat dari pertanggungan asuransinya, itu yang sebenearnya dimaksudkan mengapa investasi ini digabungkan dengan asuransi, sementara investasi murni ahli waris hanya memperoleh hasil investasi yang merupakan jumlah unit yang dimilikinya dikalihkan dengan nilai tiap unitnya. 

Adapun manfaat produk-produk unit link ini adalah untuk investasi, tabungan dan proteksi :

INVESTASI
  • untuk tujuan Investasi, karena biasanya polis unit link memiliki elemen investasi saham yang besar, bahkan pada tahun kelima atau ke enam porsi investasi bisa 100% dan porsi proteksi 0% tetapi proteksi masih ditanggung.
TABUNGAN
  • untuk tujuan Tabungan, karena biasanya polis unit link membentuk nilai tunai , dan nilai tunai yang terbentuk akan semakin besar setiap tahunnya. Nilai tunai ini bisa ditarik kapanpun untuk berbagi tujuan, seperti pendidikan, dana pensiun dan lain lain.
PROTEKSI
  • elemen Proteksi dalam polis unit link dapat berupa proteksi Jiwa (meninggal), cacat tetap dan total, meninggal kerena kecelakaan dan asuransi kesehatan. nilai tunai ditentukan oleh kinerja investasi dari aset investasi yang bersangkutan dan kinerja ini direflesikan dalam bentuk harga unit.


Banyak yang tidak menyukai produk ini karena nilai unit dari polisnya hanya sekirat 20% dari dana yang disetorkan. Banyak nasabah yang merasa tidak nyaman uangnya hilang sebesar 80%, yang terjadi sesungguhnya adalah bahwa pada tahun - tahun awal porsi untuk proteksi jauh lebih besar karena, jika tertanggung meninggal dunia di awal kontraknya ia akan memperoleh uang petranggungan yang besar bisa 5 - 10 kali lipat dari premi unit link yang disetorkannya, bergantung usia masuknya. inilah yang menyebabkan porsi untuk investasi ditahun - tahun awal sangat kecil, tetapi anda sebagai calon nasabah bisa memilih apabila, antara investasi dan proteksi dibuat menjadi sama 50% : 50%, akan tetapi perlu diingat apabila resiko kehidupan menghampiri anda, jangan meyalahkan agen anda apabila pertanggungan  resiko yang anda terima tidak cukup besar.

Apabila anda tetap memilih 80% proteksi dan 20% investasi dengan berjalanya waktu, porsi investasi semakin bertambah dan porsi untuk proteksi semakin berkurang dan tabungan yang terbentuk semakin besar, sehingga pada tahun kelima seluruh uang premi akan masuk ke dalam instrumen investasi dengan tetap memperoleh pertangungan jiwa walupun sudah tidak ada alokasi dana yang dibayarkan untuk proteksi. itu yang harus dijelaskan kepada nasabah di awal presentasi. Apa bedanya dengan rekasdana murni? pada reksa dana, tidak ada proteksi sehingga NBA( Nilai Aktiva Bersih) bergantung dari mesin invsetasi perusahan menajer investasi (MI).

Tiga tujuan asuransi unit link bisa tercapai sepanjang anda tidak mengaggu keseimbangan di antara ketiganya denga tetap membayar polis unit link anda setiap tahunnya atau perbulan. Dan tidak melakukan penarikan nilai tunai di tahun - tahun awal. Jika anda menganggu keseimbangan diantara ketiganya. anda akan kaget jika ternyata proteksi anda terhenti, hasil investasi anda tidak berkembang dan tidak ada tabungan sama sekali.

Bagi anda yang hingga sekarang belum memiliki satu pun invsetasi, segeralah mengambil salah satu program investasi unit link. mumpung anda masih punya penghasilan, mumpung masih muda, mumpung  masih sehat. (SUMBER : CARA CERDAS MEMILIH INVESTASI)



Penulis : Nasrudin
IG        : @nnasrudin70
WEB   : www.nazrudin.com
WA      : 0857-8108-3314


0 Komentar