Mengenal Asuransi Pendidikan Anak


Beberapa waktu belakangan ini, banyak sekali agen penjual asuransi yang menawarkan asuransi pendidikan anak. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan asuransi pendidikan? Apa manfaatnya membeli asuransi pendidikan?

Asuransi Pendidikan Anak, Apa Manfaatnya dan Berapa Biayanya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Jika dilihat penawaranya, produk asuransi pendidikan adalah gabungan antara produk asuransi dwiguna (endowment insurance) dan unitlink. Manfaat utama dari produk asuransi pendidikan adalah melindungi orang tuanya (life insurance) sekaligus memberikan kepastian dana pendidikan anak.

Asuransi pendidikan, memberikan perlindungan atau proteksi kepada orang tua sebagai pencari nafkah. Sekaligus memberikan kepastian dana pendidikan, jika terjadi sesuatu dengan orang tua. Selain itu asuransi jiwa memiliki kelebihan yaitu waktu pencairan dapat disesuaikan dengan periode pendidikan, misal ketika masuk TK, SD, SMP, SMA dan kuliah.

2 Jenis Asuransi Pendidikan

Seperti penjelasan di atas, asuransi pendidikan memiliki 2 jenis pilihan yaitu asuransi dwiguna (endowment) dan asuransi unitlink. Mari kita bahas satu per satu:

Asuransi Pendidikan Dwiguna (Asuransi Endowment)

Asuransi pendidikan jenis pertama adalah jenis asuransi dwiguna (endowment). Asuransi dwiguna adalah salah satu jenis asuransi tradisional dan tentu saja sudah ada sejak zaman dahulu. Produk asuransi pendidikan pada awal-awal dipasarkan di Indonesia, selalu menggunakan asuransi dwiguna.

Produk asuransi dwiguna tidak menerapkan sistem investasi, jadi keuntungan untuk dana pendidikan yang didapat angkanya sudah jelas. Biasanya nilai dana pendidikan lebih kecil dibandingkan asuransi unitlink. Jelas donk, karena unitlink menerapkan fungsi investasi.


Asuransi Pendidikan Unitlink

Asuransi pendidikan jenis kedua adalah jenis unitlink. Intinya sama seperti dengan asuransi unitlink pada umumnya. Perbedaanya adalah jika Anda membeli unitlink, biasanya keuntungan investasi akan diambil berbarengan dengan pencairan uang pertanggungan.

Pada asuransi pendidikan unitlink, keuntungan investasi diambil sesuai dengan waktu untuk membayar biaya pendidikan. Jadi boleh dibilang lebih fleksibel, karena investasi (unit) sewaktu-waktu dapat dicairkan.

Apabila Bapak/Ibu ingin dibuatkan Polis Asuransi Syariah silahkan klik menu PENDAFTARAN di menu atas website kami atau KLIK DISINI UNTUK CHAT / BERTANYA

Anda akan mendapatkan ilustrasi asuransi kesehatan secara Gratis yang akan kami antar ke alamat tujuan Anda untuk memberikan penjelasan secara langsung.

0 Komentar