Ini Cara Bagaimana Anda Mengelola Keuangan


Seringan banget ya kita denger atau kita sendiri yang mengalami setiap gaji atau pendapatan yang kita terima terasa kurang, apa'ya penyebabnya. Bahkan kita tidak pernah tahu, apa penyebab kuangan kita selalu kurang dan merasa tidak pernah cukup terus. Heemm...

Kira-kira... Bagaimana ya solusinya..
Berikut ini solusi keuangan yang dirangkum dari berbagai sumber..


1. Mencatat Pengeluaran
Mencatat seluruh pengeluran kita... seluruh nya setipa hari, dengan lengkap. Agar kita mengetahui kemana saja uang yang kita belanjakan atau kita gunakan, agar kedepan nanti kita dapat memperbaiki pengeluaran kita, Kenapa mencatat pengeluran sangat penting karena kita sering banget mengeluarkan uang lebih dari kemampuan kita, sehingga tanpa sadar selalu tejadi kebocoran, karena tidak pernah mengetahui seberapa banyak uang yang kita sudah keluarkan. Dengan Mencatat Pengeluaran kita dapat mengendalikan pengeluaran.

2. Membuat Anggaran
Membuat anggaran merupan tahapan yang paling penting dalam perencanaan keuanga, caranya dengan megalokasikan pemasukan kebeberapa pos-pos pengeluaran / kebutuhan dan membuat akun rekening yang berbeda. Antara tabungan dan uang kebutuhan sehari - hari / uang jajan. Mislanya untuk shopping,  entertainment, mambayar kewjiban (HUTANG & Amal atau Sedekah). Kemudain Cacat dengan jelas berapa saja perkiraan kebutuhan disetiap pos-pos yang telah kamu catat tadi, agar kamu mengetahui antar pola pemasukan dan pengeluarnya. agar kamu dapat memprediksi pengeluaran yang akan datang.


3.Menyiapkan Dana Pensiun
Masa pensiun memang masih lama, ada yang 20th lagi, 30th lagi, atau bahkan 40thn lagi, tergantung usia anda saat ini. Maka menyipakan dana pensiun harus disiapkan secara matang. Kamu harus paham betul dengan program pensiun yang disediakan saat ini, Kalau ditempat kerja kamu, mengikuti program pensiun yang diwajibkan pemerintah BPJS ketenaga kerjaan, Coba kamu hitung - hitung apakah nanti dana yag tekumpul cukup atau tidak. Kalau diras -rasa belum cukup coba dehh kamu ikuti program dana pensiun ditempat lain. Fungsinya sebagai TOP UP dana pensiun yang telah kamu ikuti wajib ditempat kerjamu. Ingat loh dana pensiun itu digunakan untuk bertahan hingga 20thn atau 40 thn setalah memasuki usia pensiun.
4.Miliki Dana Darurat
Dana darurat penting banget kamu miliki sebelum kamu memilki investasi dan tabungan. Setiap ahli keuangan tidak tanggung - tanggung menyarankan kamu agar memiliki Dana Darurat sebesar 12 Bulan gaji kamu / 12 bulan biaya kebutuhan kamu dan keluarga. Untuk yang masih JOMBLO  "jagan baper yaa"  6 Bulan gaji atau 6 bulan biaya hidup kamu.

5.Berinvestasi
Banyak sekali orang yang gagal berinvestasi karena komitmen yang setengah-setengah, setiap ada keinginan investasi kamu selalu kekurangan dana dan pada ujung - ujungnya tidak pernah berinvestasi, kenapa begitu, karena kamu hanya menyisihkan bukan  memprioritaskan. Padahal menurut ahli keuangan berinvestasi merupakan jembatan menuju kebebasan keuangan dimana penghasilan pasif kamu lama kelamaan  bisa mencukupi kebutuhan kamu.

6. Berasuransi
Nah... untuk halini langsung dehh dahi kamu berkerut... dan berlipat-lipat hehehe..
Berasuransi itu penting lohh.. fungsinya sebagai jalan ikhtiar melindungi dan menjaga, semua yang telah kamu lakukan dalam mengelola keuangan, jangan sampai dana darurat kamu, habis untuk berobat, atau hasil investasi kamu juga habis untuk berobat. Kalau terjadi seperti itu... bisa habis dehh hasil kerja kerasmu selama ini. Contohnya Banyakkan seperti kasus artis yang tiba-tiba habis hartanya karena tidak punya asuransi. Nah.. makanya jangan lupa PUNYA ASURASI tapi Yang SYARIAH ya. Asuransi yang wajib dimiliki keluarga yang pertama asuransi kesehatan terus yang kedua asuransi JIWA wajib bagi pencarinafkah.

Nahh bagaimana.. semoga tulisan ini memberikan faedah, Amin


Penulis : Nasrudin
Web : www.nazrudin.com
IG : @nnasrudin70
WA: 0857-8108-3314

0 Komentar