Cara Menghitung Uang Pertanggungan Asuransi


Sebelum anda membeli polis asuransi, sebaiknya anda mengetahui apakah anda termasuk yang membutuhkan asuransi atau tidak. Berikut ini adalah ciri - ciri seseorang membutukan asuransi.

  1. Ada orang yang bergantung pada diri anda, baik itu pasangan hidup ( istri ), anak, adik, kaka, atau kedua orang tua anda.
  2. Anda memiliki nilai Ekonomi. Adanya orang yang bergantung pada anda, pastinya anda memiliki nilai ekonomi. Nilai ekonomi adalah penghasilan anda yang diperoleh setiap bulannya, dari hasil usaha atau bekerja. Yang dibawa pulang untuk memenuhi kebutuhan hidup anda dan keluarga, atau orang - orang yang bergantung pada anda.
  3. Anda memiliki sangkutan dana pada orang lain atau pihak lain, untuk kebutuhan bisnis. Diluar lembaga keungan atau bank. Dimana dalam pinjaman dana tersebut belum ada atau tidak memiliki asuransi jiwa.

Jika anda termasuk kedalam ciri  ciri yang disebutkan diatas berarti anda membutuhkan asuransi. berikut ini cara menghitung uang pertanggungan asuransi.

Contoh Kasus :



  • Cara menghitung yang pertama dengan metode Human Life Value ( Nilai Hidup Manusia ) dengan cara ini kita hanya perlu menghitung pedapatan bulanan yang disetahunkan lalu dikalihkan dengan expektasi lama dana tersebut untuk menopang si ahli waris.

Cara tersebut hanya menghitung kebutuhan si ahliwaris, untuk bertahan hidup beberapa tahun. dan tidak menghitung, inflasi dan pertumbuhan investasi.


  • cara selanjutnya Income Based Velue, perhitungan UP berdasarkan pendapatan yang disetahunkan dibagi dengan faktor pertumbuhan investasi pendapatan tetap seperti deposito. Dimana nantinya UP 1 M akan di investasikan yang akan menghasilkan uang 5 juta perbulan untuk ahliwaris yang ditinggalkan.
berikut ini cara nya hampir sama dengan di atas tetapi melihat inflasi, dalam tahap perhitungan UP nya.


Itulah cara menghitung UP , berikut ini kita akan menghitung UP asuransi dengan melihat kebutuhan dana pendidikan anak. Misal orang tua ingin si anak menjadi seorang dokter,saat ini biya kulaih dokter sekitar 500 jt. Berarti masih ada waktu sekitar (18 - 9 = 9th) 9 thn lagi. Dengan invlasi dana pendidikan agap saja 12% berpakah UP .


Demikian cara perhitungan UP asuransi, semoga dapat memberikan gambaran. betapa pentingnya asuransi untuk anda dan kelaurga. BACA JUGA CARA MENGHITUNG DANA PENDIDIKAN

Penulis : Nasrudin
IG        : @nnasrudin70
WEB   : www.nazrudin.com
WA      : 0857-8108-3314



0 Komentar