Jenis Cara Kerja Asuransi Kesehatan


Risiko kesehatan dapat terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa memandang pangkat dan jabatan. Sebelum risiko terjadi sebaiknya anda telah memiliki perlindungan, salah satunya dengan Asuransi Kesehatan.

Fungsi Asuransi kesehatan memberikan anda perlindungan atas kerugian ekonomi yang mungkin terjadi akibat risiko kesehatan yang menimpa anda. Agar anda dapat merasakan manfaat yang maksimal ada harus dapat memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Semakin besar manfaat yang diberikan tentu makin besar pula premi yang harus anda bayar.

Berikut ini adalah penjelasan jenis jenis cara kerja asuransi kesehatan
Jenis Asuransi Kesehatan

1.Berdasarkan Jenis Perawatan

Berdasarkan perawatannya asuransi kesehatan dibagi menjadi 2. di antaranya asuransi kesehatan rawat inap asuransi kesehatan rawat jalan.

Asuransi kesehatan rawat inap

manfaat yang diberikan adalah biaya rawat inap yang dibutuhkan nasabah asuransi  saat menjalani perawatan di RS.

Sesuai dengan manfaat utamanya jika nasabah  tidak rawat inap maka biaya yang muncul dalam tagihan tidak akan dibayar oleh Asuransi.

Ada pula asuransi kesehatan rawat inap memberikan  pengecualian  untuk Kecelakaan Darurat perawatan kanker dan cuci darah, tetap mendapatkan perawatan dan biaya tetap dibayarkan walau  tanpa rawat inap.

Beberapa asuransi juga memasukkan manfaat perawatan sebelum rawat inap dan setelah rawat inap. manfaat ini bisanya bisa diklaim dengan cara reimburse. tetapi dengan syarat setelah menjalankan perawatan rawat inap.

Ketentuan lain yang berbeda untuk manfaat rawat inap tergantung perusahaan asuransinya, ada yang harus berada dirumah sakit minimal 16 jam, ada pula yang membutuhkan waktu minimal 6 jam, dan semua biaya ditanggung. 

Manfaat asuransi rawat inap adalah asuransi yang paling banyak di gunakan saat ini, nasabah  mengetahui bahwa biaya rawat inap lebih besar ketimbang biaya rawat jalan.

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Asuransi ini memiliki manfaat yang berbeda dengan asuransi sebelumnya. Pelayanan medis yang terlindungi di antaranya; cek darah, cek laboratorium, diagnosis, rehabilitasi, dan pelayanan medis tanpa harus rawat inap lainnya.

2. Berdasarkan Biaya yang Ditanggung

 Biaya rawat inap

Biaya yang ditanggung untuk manfaat rawat inap cukup banyak
di antaranya : 
Biaya Kamar perawatan & ICU
Kunjungan Dokter Umum & Spesialis
Tindakan Pembedahan
Obat obatan
Biaya Pemeriksaan seperti X-ray, Ct Scan, dll
Aneka perawatan rumah sakit lainnya
Ambulan
Perawatan Oleh Juru Rawat dirumah
Perawatan sebelum rawat inap
Perawatan setelah rawat inap
Biaya fisioterapi
Biaya pendamping dibawah 15 thn dan diatas 55 thn
Biaya rekuntruksi payudara
Pergantian donor pihak ketiga
Rawat inap darurat karena kecelakaan
Perawatan Kanker
Perawatan cuci darah
Rawat jalan darurat karena kecelakaan
Biaya Pemakaman Akibat Kecelakaan


Biaya Atas Rawat Jalan

Biaya pembedahan pulang hari, biaya pemeriksaan, biaya perawatan jalan dan seluruh biaya lainnya yang berhubungan dengan rawat jalan akan dilindungi oleh jenis asuransi kesehatan ini.

3. Cara Pembayaran Klaim 

Ada 2 jenis pembayaran klaim

Yang pertama Cashless
Nasabah asuransi akan diberikan kartu, pada saat nasabah menjalankan perawatan, anda harus memberikan kartu ini ke pihak rumah sakit. fungsi kartu ini sebagai pengganti pembayaran rumah sakit, anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Yang Kedua Reimburse
klaim nasabah baru akan dibayar setelah pulang dari rumah sakit atau setelah perawatan selesai dilakukan. nasabah harus melengkapi dokumen pendukung untuk pengajuan klaim, di antaranya kwitansi pembayaran, foto copy ktp, buku tabungan, hasil pemeriksaan lab, surat keterangan dokter dan lain - lain.

Semua manfaat asuransi kesehatan yang dijelaskan dapat menjadi gambaran bagi anda untuk memilih  asuransi kesehatan yang anda butuhkan. Semakin cepat Anda memiliki asuransi kesehatan, semakin murah pula premi yang harus Anda bayar. Selain itu, Anda pun akan terlindungi secara finansial. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda akan menjaga diri sendiri serta keluarga tercinta.

Info Asuransi Kesehatan Prudential Syariah
Nasrudin
WA /TLP 0857-8108-3314

0 Komentar