8 Indikator Sehat finansial





Ada 8 indikator yang anda harus perhatikan, apakah kondisi keuangan anda sehat apa tidak dan seberapa dekat anda mencapai semua keinginan anda.

1. Memiliki Dana Darurat
Setiap orang wajib banget nih punya namanya dana darurat, minimal banget 3 kali pengeluaran rutin bulanan. Kalau anda memiliki kebutuhan bulanan 6 juta berarti anda harus memiliki dana darurat minimal 18 juta. Tetapi saran dari para konsultan keuangan disarankan memiliki dana darurat sebanyak 12 kali. Mengingat kondisi ekonomi global yang masih kurang jelas.

2.Mampu mengelola utang
Hutang merupakan kewajiban yang harus segera dilunasi, maka dari itu hutang yang anda miliki jangan lebih melebihi 35% dari penghasilan rutin bulanan. Jika penghasilan anda 10 juta maka cicilan anda jangan sampai melebihi 3 juta, kalau sampai lebih anda harus bekerja ekstra membayar pokok utang agar cicilan per bulan  bisa  turun.

3. Punya rumah tinggal.
Masih ingatkan pelajaran yang guru kita ajarkan di sekolah, bahwa kebutuhan seorang manusia terdiri dari sandang, pangan, papan. jadi memiliki rumah seharusnya menjadi, indikator apakah keuangan anda sehat apa tidak, anda mungkin mampu mencicil gadget terbaru setiap bulan, tetapi masih malas mencicil rumah. Ayo siapa ya..?

4. Punya Dana Pendidikan
Di negara kita tercinta INDONESIA, biaya pendidikan menjadi momok ketakutan yang besar bagi orang tua, coba anda pasti tau kan kenaikan biaya pendidikan bisa mencapai 15% per tahun. Oleh sebab itu anda tidak boleh asal menyiapkan perencanaan dana pendidikan anak - anak anda. perlu dihitung berapa kebutuhan dana pendidikan dari jenjang ter rendah hingga ter tinggi.

5. Punya Tabungan Hari Tua
Masa tua pasti akan datang, tidak akan bisa kita hindari, oleh karena itu perlu persiapan yang matang untuk itu, anda seorang karyawan atau anda seorang pembisnis, merencanakan dana hari tua sangat vital untuk anda yang ingin mempertahankan gaya hidup yang sama saat tua nanti.

6. Mampu mengendalikan gaya hidup
Tinggal di kota megapolitan seperti Jakarta atau metropolitan seperti kota - kota besar lainnya di Indonesia,  pastinya memiliki gaya hidup yang tinggi, itu sah sah saja asal anda memiliki penghasilan  yang cukup untuk membiayai gaya hidup anda. tanpa pakai uang utang. Ingat ya Penghasilan = Pengeluaran + Tabungan.

7. Punya Asuransi
Melindungi nilai Aset dan nilai ekonomi jiwa Anda sangatlah penting. Yang nama nya musibah tidak kenal waktu, hari atau tahun sekali pun, bisa datang dengan dengan tiba - tiba tanpa permisi. musibah seperti sakit keras bisa saja melenyapkan rumah, tanah, mobil atau semua aset yang anda miliki saat ini dan menghancurkan kesehatan keuangan anda. Evaluasi kebutuhan proteksi anda, buat cermin aset dengan polis asuransi, pastikan anda  punya asuransi yang benar - benar dibutuhkan.
Agen  Asuransi Syariah @nazrudin.id

8. Tahu portofolio keuangan keluarga 
Apakah aset yang anda miliki hanya ada di rumah saja dan tanah, atau sudah tersebar dalam bentuk  aset finansial? atau 1000% uang anda di tabung dan deposito?

Ayo apakah 8 indikator diatas sudah  anda miliki...?






0 Komentar